Cara memperbaiki printer yang bermasalah

Printer
Printer merupakan alat untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik tulisan maupun grafik secara langsung dengan menggunakan media kertas ataupun lainnya. 
Ada tiga jenis Printer, yaitu :
  1. Printer Dot Matrik ( Printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakannya )
  2. Printer Ink Jet ( Printer yang menggunakan tinta )
  3. Printer Laser Jet ( Printer yang menggunakan serbuk laser )
Sedangkan konektor printer ada dua macam, yaitu melalui konektor Port dan USB Port.
Masalah yang sering terjadi pada printer sebagai berikut :



Printer Tidak Dapat Mencetak

 Pada saat proses percetakan akan dilakukan, printer dalam keadaan ON, dan kertas telah terpasang dengan baik tetapi printer tidak mau bergerak dan proses percetakan dinyatakan gagal.

- Mengetes printer dengan menggunakan Print test page pada driver printer

- Untuk melakukan hal tersebut dapat melalui Start >> Setting >> Printers. Kemudian klik kanan pada printer yang digunakan lalu pilih properties.

- Dalam tab General, klik tombol print test page. jika setelah tombol ditekan, printer bisa mencetak berarti tidak ada masalah pada port printer.

- Jika tidak, berarti ada masalah pada printernya atau pada koneksi port printernya. cobalah pada komputer lain, jika proses percetakan berhasil dilakukan berarti kerusakan bukan pada printernya, tetapi pada port printer tersebut.

- Jika proses percetakan gagal berarti ada masalah pada printernya. Untuk mengatasinya coba cek kembali printer mulai dari cartridge sampai koneksi kabel-kabelnya.



Printer Gagal Menarik Kertas

     Ketika mencetak menggunakan printer ink jet, printer tersebut tiba tiba mengalami gangguan, yaitu tidak bisa menarikkertas sehingga proses percetakan gagal.
     Permasalahan tersebut umumnya dikarenakan roda penggerak yang sudah mulai licin karena waktu pemakaian yang sudah cukup lama. Bila demikian halnya, lakukan pengamplasan sendiri dengan hati hati pada bagian roda penariknya. Bersihkan juga roda penggerak dari kotoran yang ada.
     Kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah karena tinta yang hampir habis. Terkadang bila tempat tinta sudah kosong, maka printer tidak akan mencetak dan jika diberikan perintah pencetakan akan terdengan bunyi beep yang berulang ulang.


Kertas Pada Printer Mancet

     Ketika sedang mencetak, kertas tersangkut di dalam printer, hal itu sering terjadi dan meskipun proses cetak berhasil, tetapi kertas cetakan menjadi kotor.
     Kertas mencet pada printer yang biasa disebut Paper Jump dapat terjadi karena tumpukan kertas yang terlalu tebal pada paper Try Paper atau jenis kertas yang mudah menempel satu dengan lainnya. Paper Jump juga bisa disebabkan karena Roller printer yang sudah rusak. Untuk mencegah terjadinya Paper Jump dapat dengan membatasi jumlah tumpukan kertas sesuai dengan kapasitas yang didukung oleh printer. Sebelum dipansang pada Paper Try, ada baiknya kertas di kibas-kibaskan terlebih dahulu agar kertas tidak saling menempel. Hindarikan dari debu dan sering dibersihkan.
     Jika Paper Jump sudah terjadi pada printer, maka yang harus dilakukan adalah menekan tuas yang tersedia untuk menetralkan roller yang menjepit kertas, kemudian tarik secara peelahan kertas yang menyangkut pada printer, selanjutnya kembalikan tuas tersebut ke posisi semula, jika belum tau letak tuas tersebut lihatlah di buku manual printer.



Hasil Pencetakan Yang Tidak Bagus

     Masalah lain yang sering muncul adalah hasil cetakan yang kurang bagus atau terlihat putus-putus. Ini disebabkan oleh tinta yang mungkin sudah habis atau cartridge yang memang kotor
     Untuk memastikannya,lepas cartridge dengan hati-hati untuk mengecek tinta habis apakah habis atau belum. setelah itu lakukan pembersihan bagian Mat Head nya dengan menggunakan tisu yang sudah dibasahi cairan pembersih, dan letakan Mat Head pada tisu tersebut, saat meletakan Mat head dibutuhkan kehati-hatian yang sangat tinggi karena jika tidak bisa-bisa cartridge akan rusak.
     Jika cartridge sudah di cek dan hasil pencetakan masih kurang bagus atau terlihat putus-putus kemungkinan besar cartridge telah rusak, dan harus diganti.







     Demikian Artikel dari saya ,jika ada salah kata maupun hal yang tidak berkenan saya minta maaf , , , semoga bermanfaat buat kalian semua , Sekian dan Terimakasih sudah mampirr, , , , , :-) :-)
       -------- Tolong Kritik dan sarannya--------





Artikel Terkait:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara memperbaiki printer yang bermasalah"

Post a Comment